8 Cara Memperbaiki Email Tidak Sinkron di Android

Email Tidak Sinkron di Android
Cara Memperbaiki Email Tidak Sinkron di Android - Anda sangat sibuk, tetapi Anda tidak dapat mendengar pemberitahuan email. Jika ini tidak sering terjadi, Anda mungkin mengalami masalah karena ponsel Android Anda tidak lagi menyinkronkan email Anda, jadi Anda tidak menerima email baru di perangkat. Ada banyak cara dalam menangani masalah ini.

Pastikan sinkronisasi email otomatis dihidupkan

Sebagian besar aplikasi email memiliki mode sinkronisasi email otomatis sehingga Anda dapat menerima pesan dari perangkat apa pun. Namun, jika Anda mengubah beberapa pengaturan, Anda mungkin secara tidak sengaja mempengaruhi mode otomatis ini.

Anda dapat mengaktifkan mode ini dari menu pengaturan klien email Anda. Langkah-langkah di sini akan dilakukan di Gmail, dan ini mirip dengan klien email lainnya:

  • Buka aplikasi email (Ini Gmail).
  • Ketuk ikon 3-garis di sudut kiri atas layar dan pilih Pengaturan (Pengaturan).
  • Pilih akun email, jika Anda memiliki beberapa akun email dengan nama telepon.
  • Gulir ke bawah dan aktifkan Sinkronkan Gmail atau opsi serupa di aplikasi lain.


Sinkronkan email secara manual

Jika sinkronisasi email otomatis tidak berfungsi, Anda dapat melakukannya secara manual. Klien email akan dipaksa untuk menyinkronkan, mencari, dan mengunduh email baru ke perangkat Anda.

Metode ini sama dengan proses sinkronisasi normal, kecuali Anda harus pergi ke pengaturan dan mengklik salah satu opsi:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda dan pilih Akun.
  • Pilih akun email dengan masalah sinkronisasi.
  • Pilih Sinkronisasi akun untuk melihat semua fitur yang dapat disinkronkan.
  • Ketuk 3 titik di sudut kanan atas layar kemudian pilih Sinkronkan sekarang.

Ponsel Anda akan mulai menyinkronkan data termasuk email.

Kosongkan ruang di perangkat Android

Email saat mengunduh akan menghabiskan beberapa ruang di perangkat Anda. Jika ponsel Android Anda hampir habis, email tidak akan dapat diunduh dan ini mungkin alasan mengapa email tidak lagi disinkronkan dengan perangkat.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus file yang tidak perlu di ponsel Anda mengikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda dan ketuk Penyimpanan.
  • Anda akan melihat total dan jumlah ruang yang digunakan dan yang tersisa di perangkat Anda.
  • Klik Kosongkan Ruang untuk menemukan file yang menghabiskan banyak 'ruang' di hard drive Anda.

 Masukkan kata sandi yang benar untuk masuk ke aplikasi email

Saat Anda mengubah kata sandi untuk klien email, Anda juga harus memperbaruinya di ponsel Anda. Jika tidak, perangkat Anda tidak akan dapat menyinkronkan email baru, karena sudah tidak memiliki izin itu lagi.

Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan membuka klien email Anda dan memasukkan kata sandi baru. Aplikasi akan terhubung ke server email dan mengatur pemberitahuan baru untuk Anda.

Ingatlah untuk memperbarui kata sandi Anda di perangkat lain sehingga Anda dapat menggunakan akun email Anda di mana saja.

Hapus cache dan data klien email

Seperti aplikasi lain di ponsel Anda, aplikasi email juga menyimpan data dan file cache di perangkat Anda. Meskipun file-file ini jarang bermasalah, menghapusnya untuk memperbaikinya juga merupakan praktik yang disarankan.

Hapus data dan file cache tidak akan kehilangan email Anda, email disimpan di server. Untuk membersihkan cache:

  • Buka aplikasi Pengaturan dan pilih Aplikasi & notifikasi.
  • Temukan dan pilih klien email (mis. Gmail).
  • Pilih Penyimpanan.

Anda akan melihat berapa banyak ruang yang digunakan klien email. Klik Hapus Cache untuk menghapus data cache. Anda dapat memilih Hapus Penyimpanan jika Anda mau, tetapi ini akan menghapus semua data aplikasi di perangkat Anda, Anda harus menginstal ulang aplikasi, masuk dan menyinkronkan semua pesan lagi.
Buka aplikasi email dan konfigurasi ulang jika perlu.

Perbarui aplikasi email

Untuk kinerja terbaik, Anda harus memperbarui aplikasi secara teratur. Jika sudah lama sejak Anda memperbarui aplikasi email, buka Play Store dan perbarui jika pembaruan tersedia.

Pembaruan baru akan memperbaiki bug yang ada di aplikasi. Jika email tidak sinkron juga merupakan kerentanan, memperbarui aplikasi Anda akan menyelesaikan masalah:

  • Buka Play Store di perangkat Anda.
  • Telusuri aplikasi email yang Anda gunakan untuk melihat apakah ada pembaruan baru yang tersedia (atau buka Aplikasi Saya untuk menemukannya).
  • Jika ada pembaruan baru yang tersedia, klik Perbarui untuk mengunduh dan menginstal.


Tambahkan kembali akun email ke dalam aplikasi

Jika Anda masih belum menemukan solusinya, Anda mungkin mengalami masalah dengan konfigurasi akun email Anda. Dalam hal ini, bahan kimia tersebut menghapus dan menambahkan kembali akun tersebut ke aplikasi.

Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda perlu menghapus akun email dari aplikasi. Di Pengaturan Settings > Account, pilih akun lalu klik Delete Account untuk menghapusnya dari telepon. Kemudian tambahkan kembali akun emailnya sesuai dengan instruksi aplikasi email.

Hidupkan notifikasi untuk aplikasi email

Terakhir, jika email masih disinkronkan, masalahnya mungkin dengan ponsel Anda tidak mengirimkan notifikasi. Anda dapat memperbaikinya dengan mengizinkan aplikasi email mengirimi Anda pemberitahuan:

  • Di Pengaturan Settings > Applications & notification (Apps & notifications) dan pilih aplikasi email yang Anda gunakan.
  • Pilih Notifications.
  • Aktifkan Show notifications. Anda dapat menyesuaikan notifikasi sesuai dengan tujuan penggunaan.
 Sekian 8 Cara Memperbaiki Email Tidak Sinkron di Android

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Memperbaiki Email Tidak Sinkron di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel